makanan khas banten


nasi sum-sum

SELAIN terkenal dengan pertunjukan debus, ada juga keunikan lain yang bisa Anda nikmati dari Banten. Yaitu, nasi sum-sum. Nasi bercampur tulang kerbau ini merupakan makanan khas Banten yang patut Anda cicipi.

Makanan khas yang sudah lama dikenal oleh masyarakat Banten, bahkan di luar Banten ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1940-an.

Nasi sumsum dimasak dengan cara dibakar sehingga menghasilkan aroma serta cita rasa istimewa yang dapat membangkitkan selera makan. Meski tergolong makanan langka, nasi sum-sum masih dijual di beberapa rumah makan di Banten.

Salah satu kedai nasi sum-sum yang terkenal di Banten adalah Puri Sum-Sum. Kedai ini sudah ada sejak tahun 1941. Nama Puri Sum-Sum diambil dari nama pemiliknya yang biasa dipanggil Mang Puri. Saat ini, kedai tersebut masih ada dan tetap beroperasi secara turun-temurun oleh anaknya Ari.

Adapun nasi sum-sum yang ada di kedai Puri Sum-Sum terbuat dari nasi beras merah dan bumbu yang terbuat dari rempah-rempah alami dan dicampur dengan sum-sum, lalu dibungkus daun pisang, dan dipanggang di atas arang.

Menurut Ari, yang membuat rasa nasi sum-sumnya lebih enak dari kedai lainnya adalah terletak pada pemilihan beras merahnya yang berkualitas. Selain itu, sum-sum yang digunakan juga berasal dari kerbau, sehingga nasinya terasa lebih legit dan gurih.

"Dalam setiap bungkusnya wajib ditambahkan batang sirih agar tidak bau amis," ungkapnya.

Salah seorang pelanggan Heni (25) mengatakan, Nasi Sum-Sum ini adalah yang paling enak di Banten dan rasanya beda dari nasi sum-sum yang lain.

"Saya bisa sampai tiga kali seminggu kesini untuk makan nasi sum-sum," ujarnya.

Nasi sum-sum ini juga dijual dengan harga cukup murah dan tidak menguras isi kantong. Cukup dengan Rp9 ribu, Anda sudah mendapatkan satu porsi nasi sum-sum.

Nasi sum-sum akan terasa lebih lezat bila ditemani sate kerbau, yang tentu saja tersedia di kedai ini.

Sampai saat ini Puri Sum-Sum sudah memiliki 4 cabang yang tersebar di Banten. Tak hanya itu saja, Puri Sum-Sum juga tercatat sebagai pemecah rekor MURI lantaran pernah membuat nasi sum-sum sepanjang 7 M pada ulang tahun Kota Serang, pada 2008 lalu.

Kelezatan nasi sum-sum ini pun sudah diakui banyak orang. Tak hanya warga umum, tokoh tersohor pun sudah pernah menikmati nasi sum-sum di kedai ini. Sebut saja group band Slank, Peterpan, bahkan Gubernur Banten Hj Ratu Atut Choisiyah.

Puri Sum-Sum berlokasi di Pasar Lama, Kota Serang, Banten. Kedai ini buka setiap hari dari pukul 16.00?02.00 WIB. Khusus pada bulan puasa, Puri Sum-Sum tutup lebih lama sampai pukul 04.00 WIB.

0 komentar:

Poskan Komentar