makanan khas surabaya


1. Rawon
nasi rawon Nasi Rawon
Nasi rawon adalah sebuah sajian nasi bersama sup daging yang dibuat dengan bumbu khusus karena adanya tambahan kluwek sehingga warnannya menjadi hitam. Biasanya disajikan bersama kecambah, bawang goreng, kerupuk dan sambal. Rasanya sangat enak dan cocok bagi lidah orang indonesia. Masakan rawon yang sangat terkenal adalah Rawon Setan, bahkan ada yang bilang kalau anda belum pernah ke surabaya kalau belum pernah mencicipi rawon setan.
2. Lontong Balap
lontong balap Lontong Balap
Lontong balap merupakan makanan khas surabaya yang merupakan perpaduan antara lontong, taoge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal. Biasanya disuguhkan bersama sate kerang. Rasanya sangat nendang dan enak apabila disantap dalam keadaan hangat.
3. Pecel Surabaya
pecel surabaya Pecel Surabaya
Masakan pecel surabaya dapat dengan mudah anda jumpai di surabaya. Rasanya sangat mantap apalagi jika disantap dalam keadaan nasi masih hangat.
4. Rujak Cingur
rujak cingur Rujak Cingur
Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, kerahi (krai, yaitu sejenis timun khas Jawa Timur), bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo, cingur, serta sayuran seperti kecambah/taoge, kangkung, dan kacang panjang. Semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, dan irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Semua saus/bumbu dicampur dengan cara diulek, itu sebabnya rujak cingur juga sering disebut rujak ulek.
5. Semanggi
semanggisemanggi
Semanggi adalah salah satu makanan khas dari surabaya. Terdiri dari daun semanggi yang telah dikukus, kecambah, kangkung, kerupul uli serta bumbu yang terbuat dari ketela rambat (jawa: TELO). Kesemua bahan tadi dibungkus dengan daun pisang yang dibentuk seperti kerucut (jawa: dipincuk).
6. Tahu Tek
tahu tek Tahu Tek
Tahu tek terdiri atas tahu goreng setengah matang dan lontong yang dipotong kecil-kecil dengan alat gunting dan garpu untuk memegang tahu atau lontong, kentang goreng, sedikit taoge, dan irisan ketimun dipotong kecil-panjang (seperti acar), lalu setelah disiram dengan bumbu di atasnya, ditaburkan kerupuk udang yang bentuknya kecil dengan diameter sekitar 3 cm. Makanan ini sangat nikmat dinikmati selagi hangat dan dengan mudah kita temui di surabaya.
7. Kue cucur
kue cucur Kue Cucur
Ini adalah salah satu kue tradisional yang cocok di lidah orang indonesia khususnya orang jawa karena makanan ini memang berasal dari surabaya. Cara membuatnya yang tergolong mudah dan bahannya yang sederhana membuat kue ini bersifat merakyat.
Itulah beberapa makanan khas surabaya yang seharusnya anda coba apabila mampir ke kota pahlawan tersebut. Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas asal surabaya selain yang saya sebutkan di atas. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda seputar kota berlambang “suro dan boyo” ini. Meski tampilannya sederhana dan jauh dari mewah, tapi anda jangan meragukan kenikmatan dan kegurihannya.

0 komentar:

Poskan Komentar